Tugu Photo Copy Pertama Di indonesia

Tugu Photo Copy Adalah Monumen Nagari Atar (PADANG SUMBAR)


Atau Yautube Nyo ado di siko https://youtu.be/8oIjIAiSgyE

Satu Islam Tanah Datar –  Di Jorong Lareh Nan Panjang Nagari Atar Kecamatan Padanggantiang, Kabupaten Tanah Datar, berdiri megah semacam monumen, yang dikenal sebagai Tugu phooto copy. Tugu ini didirikan oleh seorang tokoh yang saat ini bermukim di perantauan.

Bila kita menempuh perjala­nan dari Batusangkar menuju Sijunjung, tepatnya di wilayah NagariAtar, Tugu Photo copy ini berdiri kokoh terlihat jelas dari jalan raya, dibuat persis seperti sebuah mesin Photo copy dari bahan semen berukuran cukup besar.

Pembangunan Tugu Fotokopi ini diprakarsai oleh warga Nagari Atar yang bermukim di peran­tauan. Mereka sebagian besar hidup sebagai pedagang dan pengusaha. Sebagai warga peran­tau asal nagari Atar di negeri orang mereka mendirikan organi­sasi perantau yang dikenal sebagai Ikatan Warga Atar (Iwatar).

Anggotanya tersebar pada berbagai kota di Tanah Air, saat ini sudah banyak yang sukses berusaha di bidang usaha Photo copy, misalnya H.Yuskar perantau Atar yang pertama kali membuka usaha Photo copy di Kota Bandung pada tahun 1974 silam.

Dalam  membangun Nagari Atar selama ini peranan perantau sangatlah besar karena warga atar yang terkenal dengan usaha Photo copy itu cukup berhasil dirantau dan sebagian ada yang menyisihkan sedikit hartanya untuk membangun kampung halaman. Jika mereka sukses, mereka membawa anak kemenakan merantau dan mengembangkan bisnis Photo copy bahkan mereka tidak segan segan membantu membiayai modal anak kemenakan tersebut, bisa sukses   dan setelah mereka bina sebagai karyawan bisa mandiri, mereka akan membantu modal. Sehingga dengan pola pegembangan usaha tersebut tidak ada putra atar padangganting yang terlantar atau tidak ada usaha jika mereka sudah berada diperantauan.

Tugu ini dibangun sebagai lambang dan pemersatu para perantau yang tersebar di pulau jawa dan sumatera yang membuka usaha Photo copy dengan penduduk di kampung.

Keinginan masyarakat atar yang ada di kampung terhadap tugu Photo copy ini adalah supaya masyarakat atar yang ada di rantau ingat akan kampung halamannya tempat mereka dibesarkan.

Tugu Photo copy ini bukan hanya sebagai tugu biasa, tapi dibalik itu punya nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat mendalam antar sesama warga Atar khususnya. Mereka semua menghimbau untuk tetap menjaga keabadian Tugu Photo copy tersebut sehingga menjadi sejarah dan pelajaran oleh generasi mendatang. 

1 comment :

Setelah membaca jangan lupa berkomentar untuk mnghargai penulis..